Selasa, 16 Februari 2010

Intel dan Nokia bergabung untuk membuat "Meego"


Setelah mengumumkan keinginan mereka untuk berkolaborasi sejak bulan juni 2009 lalu, akhirnya dua perusahaan raksasa teknologi yaitu Intel sebagai perusahaan pembuat chip terbesar di dunia dan juga Nokia yang merupakan produsen terbesar yang memproduksi telepon genggam akhirnya telah memutuskan suatu kesepakatan untuk menggabungkan software mereka dalam platform baru yang disebut "Meego".

Meego pertama kali diperkenalkan pada khalayak ramai pada  Mobile World Congress di Barcelona. dan rencananya Platform baru ini akan dipakai secara umum pada Handphone, Netbook, TV, bahkan sistem hiburan  didalam mobil. karena merupakan software gabungan, tentu saja Meego dapat berjalan pada beberapa arsitektur proccesor dan tidak terbats pada chip intel saja. 


Kemunculan Meego ini mempertanyakan komitmen Nokia terhadap Platform andalannya yaitu Symbian yang telah dibeli mereka pada tahun 2008 dan juga telah menjadi sistem operasi Mobile Phone paling populer.
Symbian Foundation (dimana Nokia juga termasuk didalamnya) pada awal Februari ini telah mengumumkan bahwa semua Platform ini akan dijadikan Open Source dan membiarkan Source Code berharga jutaan dollar itu "melayang". 


Dalam peluncuran Meego, petinggi dari Nokia, Kai Oistamo, berkata bahwa kedua Platform baik itu Symbian ataupun Meego akan tetap eksis dan akan berjalan bersama, hanya saja, Meego'lah yang yang tentu saja akan diutamakan. Karena bersifat Open Source, tentu saja Meego bersifat gratis, namun pihak Nokia akan meraup dana dengan cara menjual aplikasi pelengkapnya. beberapa Aplikasi yang dibuat untuk Meego bisa digunakan pada perangkat Symbian. Rencananya, versi full dari Meego akan keluar pada bulan april nanti. namun, kita tunggu saja kelanjutannya, karena semua itu masih hangat dibicarakan dalam Mobile World Congress pada tanggal 15-18 Februari ini..

3 komentar:

  1. sayang ya, jika Nokia harus meninggalkan Platform Symbiannya,, aku pikir pasti ada alasan bisnis yang mendasari semua ini

    BalasHapus
  2. http://kecoak-cyber.blogspot.com
    good blog, swap links, follow, chatbox, http://stikeshealthnurse.blogspot.com
    sorry ride promotion

    BalasHapus

Suka dengan artikel diatas?, atau masih ada pertanyaan?, silahkan lampirkan komentar anda dibawah ini: