Minggu, 14 Maret 2010

Konsep Komunikasi Data

Di kampus saya sempat merasa terombang-ambing dalam mempelajari jaringan komputer yang merupakan mata kuliah pilihan yang saya tempuhi. hal ini dikarenakan materi yang saya dapat tidak runtut dari dasar sampai ke expert. mungkin itu juga dikarenakan banyaknya dosen yang mengajar dan tidak paham kondisi kelas yang diajar. alhasil, ilmu yang saya dapat-pun tidak maksimal. demikian juga ketika saya mencari
materi-materi seputar jaringan komputer ini di buku-buku perpustakaan, materi yang saya dapatkan saya rasa tidak dapat dipertanggung jawabkan karena hanya berisi teori yang malah membuat pusing. berbeda dengan apa yang saya dapatkan dari buku-buku terbitan asing, apa yang saya dapat benar-benar runtut dari awal pembahasan konsep komunikasi data sampai perancangan dan implementasinya pada dunia nyata.
ok, hal diatas adalah sekedar curhat saya tentang dunia jaringan komputer yang sangat kompleks, mari sekarang kita lanjut ke materi.

Implementasi komunikasi dalam dunia maya tidak terlepas dari praktiknya didunia komunikasi tradisional manusia. ya, itu jelas karena beragam teknologi komunikasi yang ada sampai saat ini hanyalah digunakan sebagai alat bantu komunikasi manusia. hanya saja, pada penggunaannya masih banyak fungsi lain yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan teknologi komunikasi.
Pada dasarnya, tujuan dari komunikasi adalah terciptanya suatu kesamaan ide dari pengirim pesan kepada penerima pesan. hanya saja, untuk dapat memiliki kesamaan ide ini ada beberapa hal yang harus diikuti. beberapa hal itu adalah :

- Method (metode)
yang dimaksud dengan method adalah kesepakatan sebelum komunikasi dilakukan.
contoh dunia nyata : untuk melakukan pembayaran SPP kuliah saya harus pergi ke gedung 4 STMIK Amikom, sedangkan untuk mengurus KRS harus menuju loket di gedung 2.
contoh dalam jaringan komputer : untuk akses email harus menggunakan port 23, HTTP pada port 80, dsb.
intinya, method berisi aturan-aturan yang ditetapkan dalam mewujudkan komunikasi tersebut. didunia Jaringan komunikasi sendiri ada banyak badan yang bertanggung jawab untuk mengurus masalah aturan-aturan ini, dan yang paling populer adalah IEEE (Institute of Electric and Electronic Engineering).

- Language 
untuk bisa berkomunikasi dengan baik, kita harus menentukan terlebih dahulu bahasa apa yang akan kita gunakan (bhs.Indonesia, Inggris, Cina, dsb). suatu kesepakatan tentu tidak dapat dicapai jika dua orang lawan bicara menggunakan bahasa yang berlainan dan keduanya tidak saling mengerti bahasa lawan bicaranya. implementasi dari Language(bahasa) dalam dunia jaringan dapat berupa "Format" data yang dikomunikasikan. contoh : seseorang mengirim sebuah pesan kepada anda dalam bentuk file txt, maka untuk bisa membacanya anda harus menggunakan text editor dan tidak bisa menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk fungsi lain (cth:adobe photoshop).

- Confirmation
Confirmation (konfirmasi)  berarti sebuah pesan balasan bahwa pesan dari seseorang telah diterima dengan baik. contoh nyata: kita berkata "Terima Kasih" saat selesai bertanya kepada seseorang arah jalan ke suatu tempat. Untuk implementasinya pada dunia maya, saat sebuah komputer ingin berkomunikasi dengan komputer lain, maka komputer A akan mengirim suatu paket Syn kepada komputer B yang menandakan bahwa komputer A ingin berkomunikasi dengan  komputer B, dan komputer B harus mengirim paket konfirmasi berupa paket Acknowledge yang menandakan bahwa komputer B siap menerima instruksi selanjutnya dari komputer A.


Selain beberapa pokok hal diatas, ada juga elemen-elemen yang harus ada agar komunikasi dapat berjalan, yaitu :

- Device
device berarti alat yang digunakan dalam komunikasi. device dibagi menjadi 3, yaitu :
a. Transmitter : berguna untuk mengirim pesan (cth; remote tv).
b. Receiver : berguna sebagai penerima pesan (cth: tv, mobil-mobilan yang diremote).
c. Transceiver : dapat berlaku sebagai pengirim dan penerima pesan (cth : Handphone)

- Medium 
adalah media yang digunakan dalam berkomunikasi (udara, kabel, Frekuensi Radio)
pembagiannya adalah seperti gambar berikut ini :


















- Rules (protocol)
penggunaan Rules/protokol yang ada dalam komunikasi data dibagi menjadi 2 model, yaitu:
a. OSI  Model
b. TCP/IP Model

dua model ini akan saya jelaskan pada artikel saya selanjutnya karena cukup banyak yang harus dibahas untuk dapat mengerti protokol-protokol tersebut.


- Message (Data)
Inilah bagian yang terpenting karena merupakan inti dari komunikasi, yaitu perpindahan pesan. tidak mungkin dua orang disebut berkomunikasi jika tidak ada message(pesan) yang saling disampaikan. demikian juga pada jaringan komputer. komunikasi dikatakan berhasil jika pesan yang dikirim = pesan yang diterima.

1 komentar:

Suka dengan artikel diatas?, atau masih ada pertanyaan?, silahkan lampirkan komentar anda dibawah ini: